KWARRAN CILONGOK, KWARCAB BANYUMAS GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN GUGUS DEPAN



Cilongok; Kwartir Ranting (Kwarran) Cilongok menggelar Pelatihan Pengelolaan Gugus Depan Bagi Pembina Pramuka di wilayah Kwartir Ranting Cilongok. Sebanyak 78 peserta dari Gugus Depan SD/MI dan SMP/MTs mengikuti kegiatan ini, yang dilaksanakan di Aula KOGAT Kecamatan Cilongok. 
Kak Puji Widadi, S.Pd. selaku ketua panitia mengapresiasi antusiasme para pembina pramuka yang mengikuti kegiatan ini, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dari Gugus Depan dan berharap semoga ini menjadi awal yang positif untuk memajukan Kepramukaan di Kwarran Cilongok. Sementara dari unsur Mabiran, Kak Widiarto, M.Pd. yang juga menjabat sebagai Kepala Unit Pendidikan Kecamatan (UPK) Kecamatan Cilongok juga menyampaikan bahwa ujung tombak pembinaan Kepramukaan di Gugus Depan adalah pembina. Jika pembina mempunyai kualitas untuk mengolah gugus depan dengan baik, maka gugus depan akan berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Hadir sebagai pengisi materi dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kader Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (PUSDIKLATCAB) Kwartir Cabang Banyumas yaitu Kak Heri Supriyatno, M.Pd. dan Kak Efi Miftah Faridli, M.Pd. serta kak Subagyo yang memberikan materi Administrasi gugus depan dan Registrasi gugus depan. Materi disampaikan secara kreatif dan menarik sehingga mampu menghidupkan suasana pelatihan yang dinamis, sehingga terjadi dialog dan komunikasi yang baik antara pemateri dan peserta.

Kak Untung Sanyoto, S.Pd selaku Ketua Kwartir Ranting (Ka Kwarran) Cilongok juga menyampaikan bahwa ini adalah kewajiban Kwarran untuk memajukan kegiatan Kepramukaan di Cilongok. "Hal ini adalah salah satu upaya kami bersama teman-teman, untuk menjalankan amanah dalam proses pendidikan Kepramukaan di Cilongok. Komitmen kami, setiap wakil ketua bidang saling bahu membahu dalam harmonisasi kegiatan bagi peserta didik dan orang dewasa. Harapannya langkah ini mampu mengantarkan Kwarran Cilongok untuk dapat menjadi Kwarran Tergiat di Kwartir Cabang Banyumas·” ujarnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " KWARRAN CILONGOK, KWARCAB BANYUMAS GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN GUGUS DEPAN"

Post a Comment