JUKRAN PRAMUKA GARUDA TERBARU



Menjadi seorang Pramuka Garuda adalah impian bagi peserta didik di setiap golongan. namun, tidak sedikit peserta didik yang menganggap sulit untuk menempuh Pramuka Garuda. Kwartir Nasional mengeluarkan petunjuk penyelenggaraan penempuhan Pramuka Garuda dengan keputusan Kwarnas No. 101 Tahun 1984 yang di perbaharui melalui Perunjuk Penyelenggaraan (Jukran) yang diatur dalam Keputusan Kwarnas No. 180.A Tahun 2008 untuk menggantikan paraturan yang lama.

Ada beberapa perubahan dalam jukran terbaru ini, diantaranya :


TKK Wajib Ditentukan Oleh Gudep

Jika pada ketentuan jukran sebelumnya, 10 macam TKK wajib bagi pramuka penggalang dan pramuka pandega ditentukan dalam petunjuk penyelenggaraan. Pada ketentuan terbaru, 10 TKK wajib tersebut ditentukan oleh gugusdepan masing-masing peserta didik.

"Memiliki TKK pramuka penggalang sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) macam, dari tiga bidang, sekurang-kurangnya dua macam tingkat utama, dan tiga macam tingkat madya. Jenis TKK yang diwajibkanberdasarkan ketentuan gugusdepan dimana penggalang berada."

Sedangkan untuk pramuka penegak berbunyi:

"Memiliki TKK pramuka penegak sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) macam, terdiri dari 5 (lima) TKK wajib, dan 5 (lima) TKK pilihan yang ditentukan oleh gugusdepannya. Dari kesepuluh TKK tersebut sekurang-kurangnya 3 (tiga) macam TKK tingkat utama, dan 5 (lima) macam tingkat madya."

Perubahan Nama Golongan Pramuka Garuda menjadi Garuda Hijau, Merah, Kuning, Perak dan Emas

Pada ketentuan terbaru ada sebutan baru:
Tanda Pramuka Garuda Hijau untuk Pramuka Siaga.
Tanda Pramuka Garuda Merah untuk Pramuka Penggalang.
Tanda Pramuka Garuda Kuning untuk Pramuka Penegak.
Tanda Pramuka Garuda Perak untuk Pramuka Pandega.
Tanda Pramuka Garuda Emas untuk Pramuka yang telah memperoleh Tanda Pramuka Garuda dalam tiga golongan.

Perubahan Ukuran dan Warna

Sebelumnya ukuran sisi segilima pada TPG 2 cm dengan garis tepi selebar 2 mm. Pada ketentuan yang berlakusaat ini ada 2 macam ukuran. Untuk TPG hijau dan merah sisinya berukuran 3 cm dengan lebar garis tepi 2,5 mm. Sedangkan TPG kuning, perak dan emas sisinya berukuran 4,5 cm dan lebar garis tepinya 5 mm.

Sebelumnya lebar pita 2,5 cm dengan pembagian 0,4 cm berwarna putih di sisi luar dan 1,7 cm berwarna merah di bagian dalam. Menurut ketentuan yang berlaku saat ini berukuran 3 cm (TPG hijau dan merah) dan 4,5 cm (TPG kuning, perak dan emas). Pembagian warnanya menjadi 5 area dengan lebar sama dengan komposisi merah-putih-merah-putih-merah.

Ketentuan Pemakaian

Ada 2 perubahan pada ketentuan pemakaian. Pertama, sebelumnya TPG hanya boleh dikenakan saat pramuka masih pada golongan usia sesuai TPG yang dimilikinya. Menurut ketentuan yang berlaku sekarang TPG boleh dipakai seterusnya (meski sudah berpindah golongan atau menjadi angota dewasa).


Tanda Pramuka Garuda merupakan penghargaan yang dapat dipakai selama masih menjadi anggota Gerakan Pramuka.

Kedua, sebelumnya TPG harian ditempelkan di atas saku kanan (atau dada kanan) di atas tanda WOSM dan TISKA? TIGOR. Sekarang TPG Harian ditempelkan di atas saku kiri (dada kiri) di atas tanda-tanda lainnya.

Pemberian TPG dan Wadah Persaudaraan Pramuka Garuda

Menurut ketentuan yang berlaku saat ini, pemberian TPG bagi pramuka siaga dan pengalang merupakan wewenang kwarcab, untuk pramuka penegak dan pramuka pandega merupakan wewenang kwarda, dan untuk Pramuka Garuda Emas merupakan wewenang Kwarnas. Akan tetapi untuk tim penilai tetap terdiri dari ka. gudep, pembina satuan, orang tua/ wali, andalan/ pelatih cabang, dsb (lebih lengkapnya silahkan baca pada dokumen yang bisa diunduh pada tautan di atas).

Jukran Pramuka Garuda yang berlaku saat ini juga menyarankan untuk membentuk organisasi independen yang menjadi wadah bagi para Pramuka Garuda. Wadah tersebut disebut PERSAUDARAAN PRAMUKA GARUDA, dimana bisa memiliki nama dan logo sendiri sesuai keinginan para Pramuka Garuda yang bergabung di dalamnya. Di tingkat cabang bisa dibentuk wadah bagi Pramuka Garuda Hijau dan Merah. Di tingkat daerah bisa dibentuk wadah bagi Pramuka Garuda Kuning dan Perak. Dan bagi Pramuka Garuda Emas, wadahnya dibentuk di tingkat nasional.
Tidak Mencantumkan Arti Gambar TPG

Arti Gambar Tanda Pramuka Garuda dan ketentuannya

Bentuuk segilima mencerminkan Pancasila.
Gambar garuda terbang menunjukkan kiasan kekuatan besar dalam dirinya untuk menggapai cita-cita yang tinggi, bertindak dengan jiwa pramuka yang berkembang dalam dadanya, dan berpegang pada semboyan SETIA-SIAP-SEDIA.
Bulu pada sayap mengambarkan jumlah 17, ekor 8 helai dan dada 45 helai. 17 Agustus 1945 adalah hari diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia.
Pada dada tergantung tunas kelapa, lambang Gerakan Pramuka yang digantungkan dengan 10 mata rantai (Dasadarma).
Pita yang digenggam garuda berlipat 3 (Trisatya) dan ujung-ujungnya terbelah 2 (Dwisatya dan Dwidarma).

silahkah kakak-kakak bisa download Jukran Pramuka Garuda di bawah ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JUKRAN PRAMUKA GARUDA TERBARU"

Post a Comment