20 PRAMUKA SIAGA CILONGOK DILANTIK PRAMUKA GARUDA HIJAU




PURWOKERTO ; Sebanyak 20 anak Pramuka Siaga dari Gugus Depan MI Maarif NU Pageraji Kwartir Ranting (Kwarran) Cilongok dilantik menjadi Pramuka Garuda Hijau (Pramuka Siaga Garuda) oleh Kak Akhmad Supartono selaku Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Banyumas pada Sabtu (11/3) bertempat di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas. 

Acara pelantikan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB diikuti oleh calon Pramuka Garuda Siaga dari beberapa Kwartir Ranting di Kwarcab Banyumas. Kwarran Cilongok menjadi Kwartir Ranting yang paling banyak mengirimkan utusan sebanyak 20 peserta didik. Hadir dalam pelantikan ini, orang tua / wali dari peserta didik, jajaran pengurus Kwartir Cabang, Ka Kwarran, Ka Mabigus dan Pembina Gugus Depan. 

Acara berlangsung hidmat dan mengharukan. Kak Akhmad Supartono selaku Pembina Upacara sempat meneteskan air mata haru saat menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa Pramuka Siaga Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka Siaga. Diharapakan, peserta didik mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat dan lingkungannya. Pengucapan janji Dwi Satya juga meruapakan sumpah bagi peserta didik untuk selalu memegang teguh kode kehormatan pramuka. “Orang tua juga seharusnya mampu menjadi pembina pramuka di rumah, sehingga proses pendidikan Kepramukaan dapat diselenggarakan secara berkelanjutan tidak hanya di Gugus depan.”imbuhnya. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua yang telah mendukung penuh putra dan putrinya untuk aktif dalam Kepramukaan, karena banyak juga orang tua yang melarang putra putrinya untuk aktif di Pramuka. 


Hal yang tidak kalah membanggakan bagi Kwarran Cilongok, dalam Upacara pelantikan ini, 4 anak yang bertindak sebagai perwakilan penyematan lencana Garuda dan penanda tanganan berita acara semuanya berasal dari MI Maarif NU 1 Pageraji Kwarran Cilongok. 


Peserta didik yang hari ini dilantik menjadi Pramuka Siaga Garuda dari Kwarran Cilongok juga merupakan calon peserta Pesta Siaga Karesidenan Banyumas pada akhir bulan ini. Semoga mampu membawa harum Kwarcab Banyumas dan Kwarran Cilongok, serta mampu lolos ke Persari Jawa Tengah bulan April nanti. Semoga dapat memotivasi peserta didik di Kwarran Cilongok untuk bisa menjadi Pramuka Garuda di berbagai tingkatan. 








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 PRAMUKA SIAGA CILONGOK DILANTIK PRAMUKA GARUDA HIJAU"

Post a Comment