TEKNIK MENAKSIR TINGGI PALING AKURAT || VIDEO ANIMASI MATERI PRAMUKA


Untuk menaksir tinggi sebuah pohon, ada beberapa teknik yang bisa digunakan, berikut adalah cara menaksir tinggi dengan hasil yang cukup akurat dibandingkan dengan menggunakan teknik lainnya.

Langkah pertama

Pasang sebuah tongkat di pangkal pohon yang digunakan sebagai pembanding, jika kita menggunakan tongkat pramuka, maka tingginya adalah seratus enam puluh sentimeter. 

Langkah kedua

Ambil antara dengan pohon dengan jarak yang cukup untuk menaksir, tidak ada aturan baku tentang seberapa jauh dari pohon, tetapi menyesuaikan pada posisi intai.

Langkah ketiga

Gunakan sebuah penggaris yang transparan untuk mengintai, kita gunakan angka pada penggaris sebagai pembanding antara tongkat dan angka pada penggaris. Kita dapat menempatkan posisi penggaris di depan mata dan intai, semisal kita menggunakan pembanding satu sentimeter sebagai angka pembanding, maka posisikan penggaris bagian bawah pada posisi intai pangkal pohon, dan posisikan angka 1 sentimeter pada posisi atas tongkat. Satu sentimeter adalah pembanding ukuran tongkat dengan penggaris.

Lalu kita intai dan bandingkan berapa banyak perbandingan tongkat sampai ujung atas pohon. Lalu kita akan dapatkan total angka pembanding.

Langkah ke empat

jika kita sudah menemukan angka yang sesuai dengan proses intai, maka akan kita gunakan variable angka pembanding kita sebut dengan huruf A, lalu tinggi tongkat kita sebut dengan huruf B, dan total angka pembanding dengan huruf C

Langkah ke lima

Catat nominal angka tiga variable pembanding tersebut, lalu kita hitung berapa tinggi pohon dengan rumus :

Tinggi sama dengan variable C atau jumlah total angka pembanding dibagi variable A atau angka pembanding lalu dikalikan dengan variable B atau tinggi tongkat.

Jika kita aplikasikan dalam proses penghitungan, misal nilai A adalah satu sentimeter, nilai B adalah seratus enam puluh sentimeter, sedangkan total jumlah angka pembanding adalah empat sentimeter, maka akan di dapati hasil sebagai berikut :

Tinggi pohon sama dengan empat dibagi satu lalu hasilnya dikalikan seratus enam puluh, hasilnya adalah enam ratus empat puluh sentimeter atau enam koma empat meter.

Maka hasil dari menaksir tinggi pohon adalah enam koma empat meter.


Semoga materi ini bermanfaat bagi kakak kakak dan adik adik pramuka dimanapun berada, berikut video tutorial di link di bawah. jangan lupa subscribe chanel cikal satria dan aktifkan notifikasi lonceng agar tidak ketinggalan video yang lainnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIK MENAKSIR TINGGI PALING AKURAT || VIDEO ANIMASI MATERI PRAMUKA"

Post a Comment